Beranda > Ceritaku > LKS 2009 Kota Malang

LKS 2009 Kota Malang

Kota Malang sebagai kota vokasi benar-benar menyiapkan diri untuk menyambut LKS -Lomba Kompetensi Siswa- tingkat Jawa Timur dengan mengadakan LKS tingkat Kota yang dimaksudkan untuk wadah evaluasi kesiapan masing-masing sekolah sebelem menghadapi level yang lebih tinggi.

lomba2Lomba yang dilaksanakan mulai tanggal 14-20 Pebruari 2009 tersebut terdiri dari 6 mata lomba, yaitu : Teknik Mekanik Otomotif, Teknik Komputer dan Jaringan, Multimedia, Akuntansi, Penjualan, Akomodasi Perhotelan. Masing-masing lomba diselenggarakan di tempat yang berbeda-beda. Untuk Teknik Kompter dan Jaringan diselenggarakan di SMKN 10 Malang dengan koordinator pelaksana -panitia- dari SMKN 8 Malang.

Khusus untuk mata lomba Teknik Komputer dan Jaringan secara keseluruhan berjalan dengan lancar dan panitia sudah bekerja cukup maksimal. Dari 24 peserta yang mendaftarkan diri, hanya 18 peserta yang hadir untuk mengikuti perlombaan. Bentuk lomba sesuai dengan LKS Provinsi yaitu terbagi menjadi tiga sesi : Lomba Teori, Praktek perakitan hingga konfigurasi server dan yang terakhir presentasi hasil lomba.

Dari 18 Peserta tersebut muncul 5 peringkat teratas mulai  dari peringkat pertama SMKN 8 Malang selanjutnya di peringkat kedua dan ketiga SMK Telkom Sandhy Putra Malang dan peringkat ke 4  dari SMKN 8 Malang dan terakhir peringkat ke-5 dari SMKN 1 Malang.

Ada beberapa catatan kecil yang deje temukan selama pelaksanaan lomba untuk menjadi pelajaran berarti bagi team LKS SMK Telkom Sandhy Putra Malang khususnya dan bagi seluruh calon peserta LKS tingkat Provinsi pada umumnya.

Dari awal proses technical meeting ada satu hal penting yang tidak diantisipasi panitia, yaitu menghadirkan juri untuk ikut pelaksanaan Technical meeting. Karena apapun hasil technical meeting, jika juri tidak mengetahui secara detail bentuk lomba, proses penilaian, peraturan dan sebagainya maka sama saja dengan tidak ada technical meeting.

Catatan berikutnya yaitu proses penilaian kecepatan menggunakan beberapa juri timer. Dalam satu ruangan lomba yang terdiri dari 18 peserta terdapat 5 juri timer yang standby mencatat waktu 3-4 peserta untuk masing-masing juri dengan acuan stopwatch yang ada di tangan masing-masing juri timer. Itu artinya, ketepatan masing-masing juri timer tidak sama.

Satu hal lagi yang perlu jadi bahan evaluasi panitia adalah pengecekan hasil kerja peserta ketika sudah menyatakan pekerjaannya selesai. Juri timer hanya mencatat waktu ketika peserta lapor bahwa tugas per itemnya selesai, tanpa melakukan cek dan ricek apakah tugas tersebut benar-benar selasai atau belum.

Dan catatan paling krusial adalah ketidaksesuaian soal dengan form penilaian yang ada pada juri. Sebagai contoh, yaitu tidak adanya soal konfigurasi ftp dan ssh di soal, akan tetapi di form penilaian ada. Sehingga peserta tidak menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dan ini cukup merugikan peserta.

Sebenarnya masih banyak hal-hal yang bisa menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan pelaksanaan LKS tahun-tahun berikutnya. Semoga panitia dalam hal ini SMKN 8 Malang juga melakukan hal serupa. Karena walau bagaimanapun muhasabah atau evaluasi bukanlah untuk mencari-cari kesalahan melainkan untuk proses perbaikan. Jika setiap elemen di negara ini mampu untuk mengevaluasi diri sendiri, maka bukan hal yang tidak mungkin negara ini akan semakin jauh meninggalkan keterpurukan.

Bagi calon peserta LKS tingkat provinsi tahun 2009, berikut contoh soal untuk mata lomba network support. Semoga bermanfaat. Mari kita bertanding secara fair play…

Soal LKS Network Support

Kategori:Ceritaku
  1. 21 Februari 2009 pukul 3:12 am

    sakjane aku pengen dadi juri pisan wakil tekan disdik😀

  2. 5 Maret 2009 pukul 3:57 am

    Arek moklet kok gak number one…..😦 mengecewakannnn

  3. 8 Maret 2009 pukul 12:24 pm

    selamat buat moklet meski tidak juara 1… terus mengukir prestasi!!🙂

  4. natan agung p
    12 Maret 2009 pukul 8:13 am

    he aQ arek smk 8,,,bangga iki,,,,,semoga jadi skolah ang makmur dunia akhirat!!!!

  5. 4 April 2009 pukul 11:54 pm

    lhuuu.
    ad ralat pak.
    buat baris ke-4.
    prestasi individu pertama sebenernya ad.
    juara terbaik lomba gambar.😀
    it aj pas kls 1 SD.
    kl yg lain team smua pak🙂

    pingin lagi pak🙂

  6. dila
    22 April 2009 pukul 9:22 am

    teringat kisah lintang dkk saat cerdas cermat dan bu mus yang berjuang mengantarkan siswanya meraih prestasi… semangat pak !

  7. rossy
    25 Mei 2009 pukul 2:13 am

    kami dari segenap keluarga SMKN 8 mengucapkan bahwa dari pihak sangat bangga atas hasil prestasi yang telah diraih oleh SMK kami,tapi bagi kami itu masi belum cukup bahkan masih kurang dari target yang telah ditentukan oleh semua kalangan.
    terimakasih

  8. 29 Agustus 2009 pukul 6:17 am

    au ne jga nak smk, tpi au skul di smkn 1 nganjuk.
    skul q tu lum prnah kut lomba lks tkj….?
    tpi au akan brusaha biar dpat ikut..!
    mksih tas informasinya…!

  9. 22 Oktober 2009 pukul 7:45 am

    GAbung pisannn mass,,,

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: