Beranda > Ceritaku > Balada seminar -Tugas Pemrograman Khusus-

Balada seminar -Tugas Pemrograman Khusus-

seminar

Tugas Pemrograman Khusus

Alhamdulillah… itu lah kata yang terucap pertama kali ketika moderator mengakhiri seminar pagi itu (24/01) dan dilanjutkan riuh applaus dari manusia-manusia yang mengisi ruangan tersebut. Seminar yang berlangsung kurang lebih satu jam itu cukup menyedot seluruh tenaga dan konsentrasiku selama dua minggu terakhir. Dan harus ada yang dikorbankan.

Kisah ini diawali kamis (8/01) malam ketika mengikuti perkuliahan MPSI -Manajemen Proyek Sistem Informasi- ada informasi dari mbak wulan bahwa ujian seminar TPK -Tugas Pemrograman Khusus- jadwalnya tanggal 19 s.d. 24 Januari, sedangkan pendaftaran seminar tanggal 12 s.d. 15 Januari. Praktis waktu yang tersedia untuk itu semua maksimal 2 minggu, padahal untuk daftar yang kurang seminggu lagi harus menyelesaikan makalah bab 1 s.d. bab 5 yang artinya program juga harus selesai.

Detik itu juga otot-otot di kepala ku menegang dan membuatku semakin pusing, suhu tubuh pun mulai meninggi dan tingkat stressing semakin tak terkendali. Bayangan setumpuk pekerjaan kantor, tugas ke bali, jadi pembimbing TA, koreksi hasil UAS, tugas ke Jakarta, remidi siswa yang belum tuntas, mengolah nilai dan yang paling membebani adalah membayangkan mengerjakan makalah TPK yang masih 0% dan program “aplikasi akademik” yang telah ku ajukan sejak oktober juga masih 0%. Hhhhh….

Satu persatu coba aku urai beban tersebut, mulai dengan loby bagian humas sekolah untuk menunda keberangkatan ke Jakarta -alhamdulillah sukses-, berikutnya aku ijin untuk tidak ikut tour ke Bali -alhamdulillah sukses dengan menyesal-, berikutnya berusaha memberikan pengertian ke anak-anak bimbingan TA untuk memberikan waktu buatku -lumayan banyak yang mengerti-, minta bantuan siswa untuk koreksi hasil UAS -alhamdulillah tuntas-, remidi dengan cara yang tidak biasa, dan menyelesaikan beberapa pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan dan konsentrasi mengerjakan makalah.

Alhamdulillah makalah selesai sesuai dengan target  tanggal 14 Januari, tapi ada satu masalah ketika hendak mendaftarkan seminar hari itu juga. Makalah yang udah 100% jadi ternyata tidak terbawa ketika menghadap bagian akademik, so aku gak bisa daftar hari itu. Dengan tetap sabar dan tenang aku pulang dengan sedikit kekecewaan. Target untuk daftar tanggal 14 gagal dan akhirnya daftar esok harinya yang merupakan hari terakhir pendaftaran.

Hari-hari berikutnya adalah hari-hari yang kurasakan sangat cepat terlewati. Pagi hari kutatap notebook compaq tak terasa senja tiba, begitu seterusnya waktu berjalan dengan cepat. Sampai akhirnya rangkaian angka itu berhenti di angka 23 yang menunjukkan waktu ku tinggal beberapa jam saja. Deadline semakin mendekat bak malaikat pencabut nyawa yang telah berdiri di sampingku.

Semakin mendekari hari “H” semakin banyak ujiannya, mulai dari ditahan di kantor PLN gara-gara tunggakan 5 bulan (skrg trauma jika mendengar kata PLN), orang PDAM ke kontrakan mo putus air gara-gara tunggakan 2 bulan (ckckck…. salah sapa hayo…), lampu mati ketika konsentrasi menyelesaikan program (uh… lagi-lagi PLN), laptop yang gak bisa di slide ke LCD, dan akhirnya pinjam laptop ke siswa. Dan semua itu coba kulalui dengan tetap tenang dan sedikit sabar. (walaupun tetap bikin stress)

24 Januari pukul 02.30 mata ini baru bisa terpejam ketika kupastikan semua sudah selesai dan berjalan dengan baik. Pukul 04.00 mata yang baru saja terpejam kembali harus terbuka saat kumandang adzan subuh terdengar. Setelah sholat subuh sempet ada keinginan tuk merebahkan tubuh ini, tapi pikiran ku ternyata tidak tenang. Akhirnya kubuka lagi notebook compaq dan kupastikan kembali semuanya berjalan dengan lancar, eh… ternyata masih banyak error…. ah….tidaaaak….

Dengan tetap mencoba tenang, menyelesaikan error satu persatu sementara jarum pendek jam dinding dikamar seolah berubah menjadi jarum detik yang bergerak dengan cepat. Tepat pkl 7 aku harus membangunkan masboim tuk membantu menyelesaikan error yang belum teratasi, sementara aku harus menyiapkan printout slide, fotocopy laporan, dan persiapan diri (mandi dan sebagainya). Tepat pukul 08.30 semua sudah kupastikan selesai, dan dengan semangat kulangkahkan kaki meninggalkan kontrakkan dengan keyakinan bahwa semua akan berjalan dengan lancar. “Bismillahi tawakaltu allahi….”

Saat semua sudah aku persiapkan dengan penuh perjuangan, pelaksanaan pun berjalan dengan sangat lancar….

Alhamdulillah… bayangan “”begitu beratnya tugas ini, pertanyaan “selesai ato tidak ya?”, luntur oleh keyakinan “pasti aku bisa menyelsaikannya”… walaupun sempat banyak rintangan ditengah perjalanan.

Dalam kesempatan ini, aku ucapkan terima kasih kepada semua yang telah mensupport baik secara langsung maupun dengan do’a, terutama masboim yang total membantu dan mengingatkanku setiap saat, ibu yang tidak henti-hentinya menanyakan progress dan do’a-do’anya, para sahabat yang telah memberi dukungan, teman-teman satu angkatan yang berjuang bersama-sama, teman-teman dikantor yang mau mengerti, dan satu lagi untuk seseorang yang talah memberiku semangka 10 ton (ternyata semangka efeknya melebihi energy drink)🙂

Thanks for everything………

before

before

after

after

Kategori:Ceritaku
  1. Miracle
    29 Januari 2009 pukul 4:04 am

    Selamat ya mas….
    telah menyelesaikan tugas dengan baek…

    traktiran!!!!!!

  2. 29 Januari 2009 pukul 8:59 am

    iyah… sama sama….

  3. Lia
    3 Februari 2009 pukul 4:41 am

    Semangka 10 ton?!wah banyak bangetz,mau….bagi2 dunk prend gi butuh suplemen jg nich,hehe..btw .klu STAWBERRY ada gak yach??hehe….SEMANGKA!!!! ^_^

    deje : yups… semangka 10 ton mantabs… buat kmu tak kasih strawberry 1 ton aja ya, ntar klo kebanyaken kena diabetes… hehehe

  4. Miracle
    3 Februari 2009 pukul 10:21 am

    koq yang ngereply commentQ bukan mas rahmat ya??

    berarti yang ngerjain tugas pemrognya mas boim dunk…bukan mas rahmat…

    deje : masboim tuh jawab ucapan terima kasih ku, tuh sekarang comment nya dah tak jawab… hehehe…

  5. 3 Februari 2009 pukul 11:09 am

    selamat ya om….sudah lulus ni jadi kuliahnya???
    kapankah wisuda???

    deje : terima kasih tih, tapi kul nya lum lulus… kemaren tuh cuman seminar pra skripsi, sebagai syarat mengajukan skripsi. Nah semester depan ini baru konsentrasi sikripsi…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: