Beranda > Ceritaku > Apa yang dapat kau perbuat jika hidupmu tinggal 5 menit lagi

Apa yang dapat kau perbuat jika hidupmu tinggal 5 menit lagi

Hari ini senin (22/12) bertepatan dengan hari ibu -entah dari mana sejarahnya- , deje melakukan rutinitas seperti biasa. Berbagi ilmu! Nah di akhir penyampaian materi, sengaja saya sisakan 30 menit untuk memberikan sesuatu yang beda pada murid-murid tersayang.

Game! yups… deje coba tawarkan sebuah game pada mereka dengan syarat mereka mengikuti dengan serius! Dengan antusias mereka setuju. Game ini terinspirasi oleh seorang penulis yang pernah menyampaikan materi di sebuah seminar -saya lupa tepatnya-. Game tentang malaikat pencabut nyawa.

Diiringi alunan soundtrack Anna and The King, saya mulai mengosongkan pikiran mereka. “Saat ini jangan anggap yang berdiri di depan adalah Pak erdeje. Bayangkan kalian semua sedang berhadapan dengan malaikat pencabut nyawa, yang sedang mendapat tugas untuk memisahkan jiwa dengan raga kalian dalam waktu 5 menit lagi. Untuk itu manfaatkan waktu 5 menit ini, sebagai kesempatan untuk menyampaikan pesan kepada orang-orang tersayang disekitar kalian. Jangan siakan setiap detiknya, karena tepat di menit ke-5 kalian tidak lagi punya kesempatan. Sampaikan semua yang selama ini kalian simpan dalam hati, tuliskan semua perasaan yang ada di jiwa, agar orang-orang di sekitar kalian tahu bahwa kalian sayang mereka”.

Dengan sedikit pengantar tersebut, mereka semua serius menghadapi selembar kertas yang sudah dipersiapkan di awal game. Mereka mulai konsentrasi mencorat-coret lembaran-lembaran itu. Tak henti-hentinya kalimat-kalimat menyeramkan dan menggugah terus kulontarkan. Terdengar sesengguk tangis yang menandakan penjiwaan mereka. Buliran air mata tak lagi terbendung, mereka benar-benar larut dalam permainan ini.

Nah, pada kesempatan ini saya ingin mencuplikkan beberapa pesan yang mereka tulis :

  • Dear My Mom, Lima menit… yah waktu yang sangat berharga diakhir hidupku. Hanya 1 kata yang ingin aku ucapkan padamu…Bu…  “Maaf”. Entah apa… entah bagaimana kau membesarkanku… Aku berterima kasih padamu. Aku tahu kau banting tulang untuk membesarkanku tanpa kasih seorang ayah. Mungkin, disana… aku akan bertemu ayahku. Nanti akan kusampaikan beribu-ribu salammu padanya. Bu… “Jangan menangis karenaku” Bu… Aku sayang Ibu…Bu…Aku malu pada diriku karena tak bisa membalas air matamu.
  • Buk sepurane aku maringene wes gak enek maneh aku gak iso nyekolahne adik sek.
  • Ibu, saya minta maaf. Aku sangat mencintai ibu, saya harap juga begitu pada aku. Aku berharap keridhoan ibu setelah aku meninggal nanti. Jangan engkau terlalu bersedih dengan kepergianku, sungguh aku memang bukan anak yang berbakti dan berguna. tapi sekali lagi aku minta keridhoan ibu dan yang paling penting, bayarkan semua utang-utangku.
  • Ibu maaf lek slama ni uda bnyak bkin hti ibu sakit. Wes sering q bkin ibu mrah, sedih, nangis, gara-gara ulahQ ndag ada sing bisa ngganti ibu buat Q. Ibu tu segalanya ues pkoke. Q ngrasa ues buanyag slh q sing ndag bisa d maafkan sma ibu, Q cman mo bilang MAAF…
  • Kak…
    Tolong jaga mama dan papa…
    Jangan buat mereka sedih lagi…
    Buat mereka bahagia…
    Lindungi mereka…
    Bahagiakan mereka…
    Jangan buat mereka menangis lagi…
    Sampaikan rasa sayangku pada mereka…
    Maafkan segala kesalahanku pada kakak…
    Dan sampaikan maafku pada mama dan papa…
    Atas semua dosa-dosaku yang telah kubuat pada mereka
    I love u mama & papa
    I love u kak
    Walaupun aku selama ini membuar kakak susah…
    I love u my family…

Masih banyak lagi pesan-pesan yang saya bacakan di bawah hujan tangis mereka. Tapi yang jelas ada kesimpulan yang dapat deje tarik dan bisa menjadi ibroh bagi mereka khususnya dan kita semua umumnya. Bahwa sekeras apapun hati ini, se ‘ego’ apapun diri ini, secuek apapun sikap ini masih terdapat sepenggal cinta dan kasih sayang dalam lubuk hati. Kerasnya hati, egonya diri dan cuek nya sikaplah kadang yang menenggelamkan cinta dan kasih sayang itu semakin dalam. So, cinta adalah fitrah…

Pelajaran berikutnya adalah keberadaan seorang ibu yang selama ini sering kita lupakan ternyata benar-benar berpengaruh terhadap kita. Itu adalah bukti tulusnya cinta ibu dan keluarga kita. Disaat kita terhimpit, kita baru menyadari bahwa sebenarnya merekalah yang selama ini sangat tulus. Mereka sering kita sakiti, tapi tetep saja cinta itu tulus ia curahkan. Apalagi cinta Allah yang telah menciptakannya. Buruk tidaknya sikap kita, lalai atau tidak diri kita, sedang bermaksiat ataupun sedang bersujud, rahmat Allah tidak pernah putus. Kasih sayang itu tak pernah terhenti. Baru ketika kita mendapat masalah, kita menyadari keberadaanNya selama ini, kita menangis memohon ampun, kita menangis penuh penyesalan, berharap kesempatan. Tapi ketika kesempatan itu ada….!??? Akankah cintamu kepada Allah ajja wa jalla, cintamu kepada ibu, kepada ayah dan keluarga terdekat tergadaikan oleh cinta-cinta semu yang kau rasakan indah.

Dan yang terakhir, dengan game ini membuktikan bahwa kita semua dapat menuangkan apa yang ada di lubuk hati dengan penuh perasaan. Bahkan orang mengatakan tulisan itu ‘bernyawa’ ketika membawa kita yang membacanya larut dalam perasaan penulisnya. So, teruslah menuangkan karya lewat tulisan-tulisan yang bernyawa dengan mencoba selalu menghadirkan peristiwa itu dalam jiwa.

Semangat…!

*) untuk para siswa yang sedang dalam masa pencarian. jangan salah mencari…!

Kategori:Ceritaku
  1. 23 Desember 2008 pukul 1:33 am

    *) untuk para siswa yang sedang dalam masa pencarian. jangan salah mencari…!

    mencari apa pak kako ?? bisa lebih spesifik gak ?? mencari pemain seperti arema apa mencari istri seperti pak kako apa mencari jati diri seperi saya ???

    *halah* nek pak kako ketoke mencari semangat mengerjakan TA hahahahahahahahaha

    deje : koyok e seng terakhir dalem banget…. suwun di iling ne terus…

  2. 23 Desember 2008 pukul 2:20 am

    hmmm….klu gurunya gaul kayak gini q lak betah ta di kelas….
    Buat TA-nya good luck om…!!!!ca yo!!!!!!

    deje : jazakillah

  3. 23 Desember 2008 pukul 1:37 pm

    Waaaahh, pengen di ajar Pak Erdeje. huf..
    Angkatan 16 juga pengen dapet ilmu dr bpk lo..
    Terima Kasih

    deje : siapapun yg memberi ilmu tergantung dari yang menerima ilmu, jdailah orang bodoh ketika menuntut ilmu

  4. arifrahmanlubis
    24 Desember 2008 pukul 3:18 am

    pelajarannya keren pak🙂

  5. Miracle
    24 Desember 2008 pukul 12:59 pm

    wuih keren…

    pengen diajarin ama mas rahmat…. ^_^

    deje : emoh… ah… ntar usil aja klo d ajar :p

  6. Miracle
    26 Desember 2008 pukul 1:54 am

    hehehehe….
    yeee….emang sampeyan tuh suka usil..
    untung aja aq n yoyo g sempet diajar sampeyan…..
    klo diajarin sampeyan mungkin aq tinggal ke sarpras aja…
    xixixi… :p

  7. dini
    31 Desember 2008 pukul 7:01 am

    pak Bapak adalah sosok guru yang keren banget apalagi paz peringatan hari IBu
    Bapak bisa ngebwt aq dan temen2q hanyut dalam suasana yang bapak bwt…
    Gara2 kejadian itu Aq jd tw umurku ada ditangan Tuhan dan kapanpun Dia bisa mengambilnya
    Aq gak mw sia2in waktu yang dikasih Tuhan Bwt AQ…….
    Maksih pak bwt semuanya……………

    deje :🙂 ok din, laptopnya dah bisa kan!? Maap ya, bukannya gak mau bantuin, biar dininya usaha dulu, hehehe…

  8. evil
    31 Desember 2008 pukul 7:09 am

    pak…. Daun yang segar itu suatu saat akan layu….
    sebesar apapun dosa kita pasti bisa disapu….
    jika memang dalam waktu 5 menit yang lalu Tuhan memang mencabut NyawaQ…
    aku ingin pergi dengan snyuman …
    tersenyum tanpa beban
    tersenyum bahagia…
    tersenyum pada orang yang aku sayangin…..
    dan aku gak maw meninggalkan dunia ini dengan penyesalan….
    Terimakasih banyak pak……
    semua kata2 bapak yang udah terucap bisa membangun semua hal yang sempat mati dalam hidupQ……
    Kesimpulannya hanyalah kita akan melakukan perjalanan panjang dalam hidup ini…
    Dan ada hal2 yang lebih berarti yang harus kita jalanin
    hadapi hidup dengan SemangAt dan penuh Harapan….
    IF I CAN’T HAVE WHAT I WANT, LET ME WANT WHAT I HAVE

    deje : jika malaikat pencabut nyawa memberikan waktu 5 menit, Q hanya ingin menulis, menulis dan menulis

  9. oet
    2 Januari 2009 pukul 8:38 am

    pak, q mau di-share semua yang bisa menggugah hati. anggap ae kayak training ESQ gitu. q perlu charge rohani, pak. aku udah mulai cinta sama Rab-ku. tapi aku masih bingung apa yang harus kulakukan. apa yang bisa kubuktikan.

    aku juga ngerasa aku gag bisa apa-apa ke ibu. kalp pak deje apa yang bisa bapak lakuin dengan kata ‘membahagiakan’?

    bisa tolong kirim ke e-mailku aja pak? makasih.

    deje : Kalo kata Aa’ Gym (bukan Aa’ Jimi lo ya, apalagi pak jimi, hehehe… ups kok jadi ghibah, maaf pak) “kucinya 3M, Mulai dari hal yang kecil, Mulai dari diri sendiri, Mulailah saat ini” insya Allah jika dilakukan dengan sabar dan istiqomah akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa!

    wassalam.

  10. aliI
    3 Januari 2009 pukul 7:09 am

    pak makasih udah di ESQ.. sorry juga ngucapinnya rada telat..

    oya pak mau bilang lupa2 terus.. hotspotsmktelkom3 nggak bisa.. mohon diperbaiki pak..
    makasih…

    Sekalian minta do,anya buat Ujian Semester ya pak..
    Makasih..

    deje : kaya’ motivator aja :p . do’a ku slalu menyertai kalian, tapi yang di do’akan harus berusaha biar nyambung, okey!

  11. 3 Januari 2009 pukul 7:32 am

    Asslm…

    baca cttn pak deje jdi lupa download kisi2 UAS .

    ^-^

    pak trimakasih sekali udh jadi guru . kakak kelas dan lebih2 tman bagi kami .

    trimkasih buat ilmu2 dan pengalamannya .

    trimakasih pak rachmat dan mas rachmat (katax mbak mas kls 2 gitu ^-^)

    SMANGAT SMANGAT SMANGAT .

    Do’ain kami semua gak remidi semua matapelajaran ya pak . juga gak ada urusan yang memberatkan . dan juga agar kami lebih pinter d semester genap . Amien .

    pak mohon maaf juga . wktu KBM saya sering ketiduran, tidur, sma tanya yang aneh2 .

    mohon maaf pak ya .

    maaf pak .

    ^-^

    SMANGAT SMANGAT SMANGAT!!!

    deje : satu hal yang patut d syukuri, walaupun linda suka tidur waktu pelajaran. “SMANGAT SMANGAT SMANGAT!!!” yups… tiga kata yang menggugah itu merupakan modal yang sangat berarti, smoga pekik semangat linda benar-benar menghujam dalam jiwa sehingga bisa merubah sosok linda yang luar biasa. Ingat “don’t be an ordinary people”

  12. 3 Januari 2009 pukul 7:35 am

    ketinggalan pak .

    Wasslm .

    ^-^

    deje : wa’alaikumsallam warohmatullohi wabarokatuh

  13. Akhwat manis
    3 Januari 2009 pukul 12:08 pm

    Assalamu’alaikum…

    Ketika tiada yang tau tentang manusia…

    Kehidupannya…

    Wataknya…

    Hidupnya…

    Semangatnya…

    Keikhlasannya…

    Dan semangatnya…

    Manusia, hanya manusia…
    Setiap manusia berbeda-beda…
    Ilmu, ikhlas, semangat…

    dan…
    Psikologinya…

    ada kalanya ketika seorang manusia membutuhkan pegangan dari orang lain,
    ketika jiwa manusia sedang terguncang,
    ketika iman seseorang dipertaruhkan,
    ketika kehidupan sedang terombang-ambing…

    Ia takkan tau apa yang harusnya ia lakukan…
    semangat… kata yang sangat mudah…

    setiap orang punya semangat…
    Hanya dilihat bagaimana ia bisa menyalakan semangat itu…
    Atau bagaimana seseorang di sekitarnya untuk membuatnya semangat…

    Semangat orang bisa naik turun…

    Pak, tolong beri saya tips untuk bisa menjadi lebih semangat…
    karena saya termasuk orang bersemangat kecil…

    tolong ya pak…

    syukron…

    Wassalamu’alaikum…

  14. Renny
    3 Januari 2009 pukul 12:48 pm

    AssaLamuaLaikUuuMm,,,Pak,,,!!!

    Pak,,jujur saya sangat senang diajar oleh Bapak. Bapak ngajarnya enak,sabar kalau muridnya masih juga gak paham dg materi. terus masih ada banyak pelajaran (+) (+) lagi. hehehe,,,dan 1 lagi Pak Rahmat gak pernah ngelarang saya kalau saya tidur di klas. hehehehe,,,maafya pak,,padahalwaktu itu saya duduk di depan pak rahmatyang sedang utak utik laptop, api pakmaa ini sudah tak mau berkompromi, hehehehe,,, terima kasih ya pak atas semua motivasi & pelajaran2 yg sgt berharga yg Bpk berikan. terima kasih pak,,, doaen ujian sukses yapak,,,& 1 lagi pak saya mau tanya resep biar gag ngantuk di kls pak,,,,??????? Setan di mata saya ini terlalu banyak mungkin ya pak,,, hehehehe,,,, terima kasih pak atas balasannya (nanti)

    Wassalam,,,,mualaikumm,,,,,^_^

  15. WiDyA
    3 Januari 2009 pukul 1:44 pm

    assalamualaikum,,,,,,,,,,

    pak rahmat,,, 1 er 2 kug gak dapat game 5 menit lagi nya?,,,, mau dund pak,,,hehehe,,,

    oya pak trima kasih sdah memberi motivasi2 pembangun smangat buat saya,,, jujur saya jd lbh bnyak bercermin dr crita2 bapak,,,kadang saya merasa jenuh dengan bnyaknya tgas yg hrs sya slesaikan, & motivasi2 dr bpak itu bs jd pnyejuk buat saya,,,trima kasih banyak y pak,,, maaf kalau saya anknya agak nakal,,,hehehe,,,

    mnta do’a restu biar UAS nya lancar y pak,,,,

    oy 1 lg pak,,,, kisi2nya kuQ gak bs d download ?

    trima kasih,,,

    wasslm,,,,,^_^

    deje : Wa’alaikumsallamWrWb
    upi yg imut, baek hati dan suka menabung (tuh kan gak nakal) semua orang tuh pasti ada masanya semangat, ada masanya patah semangat. So itulah fungsinya orang-orang terdekat. Sbg pengajar tidak hanya dituntut untuk transfer knowledge, tapi lebih dari itu adalah membangkitkan semangat siswa untuk menemukan jati dirinya. So, selamat menemukan jati diri. Masa depan upi ada di tangan upi sendiri.

  16. Fonda
    6 Januari 2009 pukul 4:46 am

    Assalamu’alaikum wr. wb.

    Pak 1 R 2 kok ndak dapat game-nya….

    PEngen,,,,

    Pak cerita lagi…

    Tentang motivasi motivasi lagi yang ada hub nya sama masa depan…

    biar bisa ngaca…

    Makasih

    Wassalam

    deje : Wa’alaikumsallam Wr Wb, Insya Allah next meeting. okey… keep spirit!!!

  17. Renny
    6 Januari 2009 pukul 11:43 am

    AsSLamauLaikum Pak Rahmat, , , Pak teng npo k0men kulo mboten jnengan bls pak? Huhuhu, , ,;-( pak kulo tngklet pripun nggeh krsane kulo niku mboten ngntuk trus wnten klas. Ngpunten nggeh pak umpami kulo mboten sopan. Mhon dblas ya pak. Mtur swun ^_^

    deje : Wa’alaikumsallam Wr Wb, maaf buat reni, sebenarnya bukannya gak mau bales comment nya. Saya sudah posting mengenai apa yang kalian keluahkan Yaitu mencari semangat. Artikel itu sebagai jawaban dari permasalahan2 tersebut. Semoga berkenan.

  18. Lupi...
    13 Januari 2009 pukul 6:34 am

    Pak erdeje…..

    Assalamuallaikum. .. . .

    Gi lIyath” blog e samean pak. . . .

    dan saya memberi comment…..

    hehehehehehehe…….^_^

    deje : Wa’alaikumsallamWrWb, selamat meliat2 ya… Smoga bermanfaat…

  19. Lupi...
    13 Januari 2009 pukul 6:39 am

    pak. . .

    ntar klo batuh asistend sehari lagi. . . . . .

    Jangan Ragu” hubunGi saia. .. . .

    akand Selalu BErSediA memBantU. . . . .

    Brasa KeRen PAk soalE. . . .

    maen- Maen e Ke sarPra. . . .

    hehehehehe. . .

    deje : bener nih… ya wes.. tunggu aja ya

  20. oet
    23 Januari 2009 pukul 2:26 am

    assalamu’alaikum …

    pak de-je..

    holiday pak ..

    med liburan ioh..

    aq jadi nangis lagi baca ‘5 minutes’ itu..

    coba dipasang yang laen pak..

    bagus buwad training ..

    hehehe..

    sukron …

  21. ei'
    6 Februari 2009 pukul 3:47 am

    assalamu’alaikum

    sy kagum dengan puisi2 dan cerita yg tertulis sangat indah dari tangan bpk,,
    akan terasa indh lagi kalau semuanya terucap dr bibir bpk.
    kalau cerpen kan udah pernah diceritain langsung.
    kapan2 bacain juga puisinya ya pak,
    bacainnya dikelas 1r2 aj,sy salah satu siswi kelas itu soalnya.hehe….

    seneng banget diajar bpk..
    ngajarnya nyantai.g’ ngebosenin.
    pokoknya bpk T.O.P dah,..
    bru kale ini ada guru yg bener2 ngegugah motivasiku.

    thanks ya pak atas motvasi2 yg ud bapak kasih..

    deje : wah… kalo baca puisi nanti diwakilkan temen2 aja… hehehe…

  22. dila
    12 Februari 2009 pukul 6:32 am

    Assalamualaikum..
    Subhanallah…
    bakat yang luar biasa..
    bagi2 tipsnya bisa nguasain kelas kayak gitu…
    profesi yang mulia banget tapi sapai sekarang aq masih ngak yakin..

    deje : Wa’alaikumsallam Wr Wb
    wah.. sahabat ku satu ini sudi mampir juga… makasih ya bu’… sering-sering mampir ya….

  23. 27 Juli 2009 pukul 5:00 am

    Mboys mas postingane….. ESQ banged…^^
    Eh mas kapan blog smk telkom GO OL… tak tunggu !!!
    Trus lageee webnya moklet ngalam ada banyak viruses mas ( TROJAN)… tolongg mas pengamananya… Nuwus nuwus sam.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: