Beranda > Lain-lain > Audit Mutu Internal = Muhasabbah ???

Audit Mutu Internal = Muhasabbah ???

Hari ini (15/4) kulihat lingkaran merah yang tertera di kalender duduk meja kerja. Tidak seperti lingkaran2 yang lainnya, pada tanggal tersebut tidak tertulis ada kegiatan apa sehingga aku harus melingkari tebal2 di angka 15 tersebut. Tapi saya ingat hari ini adalah “Audit Mutu Internal (AMI) 2”, setelah mendapat sertifikat ISO kita harus rutin mengadakan audit internal untuk mengetahui penerapan prosedur apakah masih konsisten.

ups… ternyata banyak pekerjaan yang gak sesuai prosedur nih….

Ya seperti itulah keadaanya… saya tidak berusaha untuk mengada-ada apa yang selama ini tidak saya laksanakan hanya untuk mengejar target audit. Saya akan samapaikan apa adanya… dengan banyak koreksi semoga bisa diperbaiki…

Apa hubungannya dengan muhasabah…!!!???? Yups… ternyata setiap aktivitas kita, setiap denyut nadi kita, tiap aliran darah, tiap hembusan nafas semua gerak gerik kita harus diaudit. Audit internal sama dengan kita mencoba mengkoreksi diri kita sendiri, sebelum menghadapi Audit yang sesungguhnya, hari perhitungan yang tiada amal sekecil apapun yang tidak dihitung dan tiada dosa seringan apapun yang tidak terbalas.

Dengan kita tunjukkan apa adanya, jujur pada diri kita sendiri, semakin tahu sampai sejauh mana amalan kita yang sesuai dengan prosedur-Nya dan semakin tahu track record kita yang menyimpang. Dengan demikian kita bisa segera berbenah… bukan untuk siapa-siapa… semua itu dalam rangka peningkatan diri.. peningkatan kualitas.. agar diakhri perjalanan ini bisa kita persembahkan yang terbaik.

Ya itulah hakekat sebuah audit… bagaimana kita menyikapi audit yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana track record kita. Bukan semata-mata untuk meraih ‘predikat’, bukan semata-mata untuk selembar ‘sertifikat’, bukan sekedar ‘label’, tetapi yang terpenting adalah peningkatan kualitas diri…

Semoga sekelumit curahan hati ini bisa bermanfaat…..

Kategori:Lain-lain
  1. santy
    17 April 2008 pukul 2:36 am

    Semoga ke depan semakin banyak orang yang mengerti dan memahami apa arti audit sesungguhnya, karena memang butuh proses yang lama, kesabaran dan kesadaran masing-masing person untuk menyikapi arti sebuah ” audit”. Yang penting berpikir positif dan melaksanakan semua responsibility dengan baik dan benar, mudah bukan?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: