Beranda > Ceritaku > Road to “Malang Blog Rally 2008”

Road to “Malang Blog Rally 2008”

Perjalanan ini diawali ketika sebuah kepercayaan kembali diberikan kepada saya untuk mempersiapkan tim ‘juara’ menghadapi lomba blog rally 2008 yang diselenggarakan Kota Malang tanggal 12 April 2008. Yups… bos mengamanatkan target juara untuk kesempatan kali ini, karena pada kesempatan sebelumnya kita hanya berada di posisi ke-2. Saat menghubungi panitia untuk proses pendaftaran, ternyata ada satu kategori baru yaitu kategori umum, tanpa berpikir panjang seperti pepatah ‘sekali mendayung dua, tiga pulau terlampaui’ akhirnya ku putuskan untuk ikut mendaftar (ya itung2 ikut meramaikan HUT Kota Malang).

Mencari partner tim tidak begitu sulit, karena sesaat setelah pendaftaran langsung send all YM. Alhasil tim yang terbentuk sangat singkat ini beranggotakan : deje, masboim, kemind, dethea. Dan dengan perundingan yang sangat singkat melalui chat conference, akhirnya kita pake ‘Wiku-wiku’ sebagai nama tim.

Seminggu sebelum lomba :

  • Tim SMK Telkom SP berkoordinasi untuk menentukan tema
  • Tim Wiku-wiku gagal koordinasi karena kesibukan masing-masing

Empat hari sebelum lomba :

  • Tim SMK Telkom SP melakukan pembagian tugas dan strategi
  • Tim Wiku-wiku mencoba berkoordinasi secara online untuk menemukan tema, tapi gak ada mood so sampai dengan hari ke-4 tidak ada tema…. hiks….cuman ada satu keputusan penting di hari ke-4 ini, kita menentukan dresscode untuk pelaksanaan lomba… apa itu..?? “BATIK” (visit Malang 2008, so… kapan maen ke Malang??)

Satu hari sebelum lomba :

  • Tim SMK Telkom SP, saya koordinasikan untuk mulai hunting foto-foto aktivitas pendidikan, industri dan pariwisata di Kota Malang sebagai bahan ketika lomba
  • Tim Wiku-wiku semakin tidak jelas, karena tidak pernah bisa untuk koordinasi, lagi-lagi karena kesibukan masing-masing, akhirnya kita putuskan untuk mencari tema ketika lomba saja.

Satu jam sebelum pelaksanaan :

  • Tim SMK Telkom SP, penuh kepercayaan diri setelah mempersiapkan semuanya secara detail.
  • Tim Wiku-wiku mulai gelisah dan nerpes… padahal sejak awal niatnya cuman ikut berpartisipasi, cuman pingin nampang, tapi setelah dipikir-pikir kalau menang ya lumayan, tapi masalahnya kita bener2 tanpa persiapan, apalagi lawan yang akan dihadapi rata-rata member blogerngalam.com (hi… serem…)

Lomba dimulai sekitar jam 8.00 wib, setelah acara pembukaan oleh Ibu Walikota. Masing-masing peserta mendapatkan soal yang berupa misi untuk melakukan checkpoint dan pengambilan gambar (photo) dibeberapa titik Kota Malang. Ada 5 point yang menjadi misi kita saat itu, yaitu Pasar Burung, Pasar Bunga, Balai Kota Malang, Perpustakaan Kota dan Museum Brawijaya. Setelah melakukan rapat dengan anggota tim, akhirnya kita tentukan strategi. Awalnya masboim dan kemind sebagai tim hunter yang melakukan misi ke beberapa titik sesuai dengan soal. Si deje dan dethea tetep di area lomba untuk mendesain tampilan blog.

Ternyata lomba tanpa persiapan bener-bener bikin kita ‘blank’, sampai dengan pukul 11.00, belum ada kesepakatan tema yang kita pakai…. pikiran bener-bener kacau…. tak ada ide yang terlintas, tak ada inspirasi yang mampir, bener-bener blank. Apalagi ketika pak menteri nyamperin area lomba, tepat disamping saya… uh… tambah ‘oon’ aja nih… tapi gak masalah, soale sempet jadi artis dadakan, yups… banyak kamera para pemburu informasi yang mengabadikan aktivitas kami… ( hehehe…. soale ada pak menteri disitu… )

Setengah jam kemudian tim hunter (kemind and masboim) datang dengan hasil misi yang pertama, akhirnya kita coba strategi kedua, si kemind tinggal ditempat untuk posting hasil reportase and si deje berangkat bersama masboim untuk melanjutkan reportase kebeberapa tempat yang sudah kita sepakati, antara lain : SMU Tugu, SMP 5, Bakso Kota Cak Man, Warnet, Industri Tempe Sanan.

Ternyata jadi wartawan susah juga, harus mental baja and gak punya ‘malu’, kumulai reportase dari SMA Tugu, di SMU 1 kucoba dekati beberapa siswa yang sedang asyik ngobrol di depan sekolah mereka untuk minta ijin mengambil gambar. Karena gak biasa so… ngambilnya sambil malu-malu, alhasil gak maksimal. Tapi gpp, masih ada SMU 3, di SMU terfavorit di Kota Malang ini, aku nekat masuk ke area sekolah dan lagi-lagi masih belum berani mengambil gambar yang eksklusif. Sempet minta ijin ke 2 orang siswi yang lagi asyik ngobrol di depan kelas, eh malah aku yang ditanya-tanya (btw… yang reportase sapa ya….!??? ) uh…. berat banget jadi wartawan….

Setalah dari kawasan SMU tugu langsung meluncur ke area Stasiun Baru untuk mengambil gambar sebentar dan lanjut ke Bakso Kota Cak Man, mampir sebentar ke warnet disebelah bakso cak man, setelah itu lanjut ke SMP 5. Di SMP 5 sempet menemui kendala karena harus minta ijin dulu ke Kepala Sekolah, sedang Pak KepSek nya masih rapat, daripada nunggu pak KepSek rapat langsung aja wawancara ama beberpa siswa-siswi yang ada di sekitar situ. Abis dari SMP 5 lanjut ke pusat industri tempe yang ada di Sanan, sayang sekali di lokasi ini kita tidak mendapatkan informasi yang akurat, proses pembuatan kripik tempe sudah selesai, malah pemiliknya menyarankan besok pagi aja ( lawong lomba e sampe jam 3 sore kok bsok pagi…. gimana to bu..bu…). Karena waktu semakin mepet, kita putuskan untuk kembali ke lokasi lomba dan berkonsentrasi disana.

Sesampai di lokasi lomba ternyata kita belum siap apa-apa.Tema untuk tampilan blog masih blank, akhirnya beberapa saat menjelang lomba berakhir si kemind mendapatkan ide untuk tema, yups… salah satu anggota tim kita ‘masboim’ kita dapuk menjadi maskot kota malang. (lihat header blog – blog-tim8.malangkota.go.id). Setelah beres dengan tema kita mulai posting hasil reportase dengan waktu yang sangan mepet sekali. Wuih… kita makin pesimis untuk bisa menang…

Minggu(13/4) pukul 02.00 WIB ada sms masuk yang mengabarkan kalo tim SMK Telkom SP juara 1 untuk kategori SMU dan tim Wiku-wiku juara 2 untuk kategori Umum. Sontak aja kaget and gak percaya, langsung aku cek ke malangkota.go.id. Ternyata bener, langsung aku kontak temen2 yang lain. Pagi-pagi udah bangunin orang, hehehe…..

nb : buat temen-temen eSCe, sory aku gak bisa gabung ke acara e si novi, tapi dengan reportase ini mudah-mudahan kalian mengerti keadaannya… sebagai gantinya next kuliner aku yang traktir


Technorati : , ,

Kategori:Ceritaku
  1. 14 April 2008 pukul 4:34 am

    selamat yaaaa!! makan-makan!!

  2. 14 April 2008 pukul 4:53 am

    lhe,
    ditunggu foto2 dari kamrena arek2 seng liyo
    tur ditunggu mentahannya….

    semangka !!!

  3. 14 April 2008 pukul 5:00 am

    pak , hadiah e opo ? perlu tak bantu nyair ken tah?πŸ˜€

  4. 14 April 2008 pukul 6:40 am

    @mas sandynata
    thanks ya mas…

    @masboim
    ok segera saya kabari klo dah dapet, masalah e arek2 gak gowo kamera e

    @perempuan
    hadiah e diluar dugaan, kita pikir awalnya PC, ternyata media player. Gpp wis… niat e cuman nampang dong

  5. 14 April 2008 pukul 7:42 am

    aku usul hadiah buat juara 1 saja awalnya :))

  6. 14 April 2008 pukul 7:47 am

    @mas fajar
    hehehe… untung aja usulnya gak diterima ya mas….πŸ™‚

  7. 14 April 2008 pukul 8:44 am

    selamta..selamat…. headernya eksotik!πŸ˜›

  8. 15 April 2008 pukul 2:09 am

    @mbemz
    thanks a lot… katanya abiz dari malang ya…!??

  9. 15 April 2008 pukul 5:53 am

    wew..? Katanya siapa? Mase bener2 spy yo….πŸ˜€
    Perasaan di Malang ktmu Endah doank, trus cabut ke sbya….πŸ˜›
    Btw..hadiahnya menang lomba apaan mas?

  10. 15 April 2008 pukul 6:58 am

    @mbemz
    hehehe…. makanya jd orang jgn terkenal… banyak infotaiment yg ngikutin…πŸ™‚
    hadiahnya rahasia…. hehehe… pingin tau aja sihπŸ™‚

  11. hellgalicious
    18 April 2008 pukul 8:57 am

    seLamad…selamad…..

  1. 18 April 2008 pukul 8:33 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: