Beranda > Linux > Merubah Prompt Shell pada UNIX / Linux

Merubah Prompt Shell pada UNIX / Linux

Menepati janji pada tulisan sebelumnya (Struktur Perintah di Linux), kali si deje ingin share ngenai trik merubah prompt pada mesin UNIX. Seperti yang kita ketahui (bagi yang belum tahu gpp d lanjutkan aja bacanya) untuk masuk ke dalam sistem UNIX maupun Linux kita harus melakukan proses login. Proses ini diawali dengan tampilan prompt login seperti berikut :

login: _

Pada kondisi diatas, silahkan kettikan nama pemakai (username) lalu untuk mengakhirinya silahkan tekan tombol <ENTERr>. Perlu diingat pada sistem UNIX / Linux bersifat case sensitive, artinya huruf besar dan huruf kecil dibedakan. Perhatikan contoh berikut :

login: deje <ENTER>

Selanjutnya, sistem akan menanyakan password dari user tersebut

login: deje
Password: dejebanget
<ENTER>

Apabila sukses melakukan login (username dan password valid) maka akan muncul prompt dari sitem UNIX / Linux yang anda gunakan (seperti pada materi “Struktur Perintah di Linux“), dimana promt standar seperti di bawah ini :

[deje@localhost deje]$_

Nah prompt default dari sistem UNIX diatas, pada dasarnya bisa kita rubah dengan simbol atau bahkan tulisan sesuai selera kita. Untuk mengubahnya, bagi anda yang menggunakan Bourne Shell, Bourne Again Shell dan Korn Shell dengan bawaan prompt $ untuk regular user dan # untuk superuser, anda dapat gunakan perintah dibawah ini :

PS1="string"

Sedangkan jika anda menggunakan sistem UNIX / Linux dengan jenis C shell yang memiliki prompt bawaan % uintuk regular usernya, anda dapat gunakan perintah :

set prompt "string"

Sebagai ilustrasi, lihat contoh dibawah ini :

[deje@localhost deje]$PS1="[ini prompt kreasiku]@!" <ENTER>
[ini prompt kreasiku]@!_

Ya… seperti itulah caranya…. mudah bukan…. silahkan berkreasi sendiri…. Namun perlu diketahui, prompt yang telah kita ubah tersebut akan kembali ke bentuk default ketika kita keluar dari sistem (logout). Untuk membuat perubahan yang menetap, silahkan ketikkan baris berikut :

PS1="string" pada berkas .profile untuk Bourne Shell dan Korn Shell atau pada berkas .bash_profile untuk Bourne Again Shell
set prompt "string" pada berkas .login untuk C Shell

Ok… sementara itu dulu sharing ilmunya… mohon koreksinya dari para suhu dan master2 UNIX… Smoga yang sedikit ini bermanfaat….

Kategori:Linux
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: