Beranda > Ceritaku > ICT sebagai bekal dunia kerja abad 21

ICT sebagai bekal dunia kerja abad 21

Cerita ini masih dari pelatihan Jardiknas yang diselenggarakan ICT Center Kota Malang. Pada hari kedua (15/01) ini, kami para peserta pelatihan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mediskusikan suatu kasus.

Kasus pertama, yaitu mencari “hal yang perlu kita berikan kepada siswa untuk menjadi bekal ketika mereka di dunia kerja abad ke-21”. Topik ini diangkat karena abad 21 merupakan abad perkembangan dunia teknologi dan informasi.

Untuk mempersiapkan hal itu, diperlukan pembentukan mental IT pada setiap siswa dengan disiplin ilmu apapun. Apa itu mental IT !!???? Yups…. mental IT adalah mental belajar tanpa henti, untuk mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan yang terbaru dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam hal ini internet. Untuk lebih jelasnya bisa download presentasi saya yang berjudul “Belajar Komputer Lewat Komputer“.

Pak Taufik (SMAN 2), meggambarkan dunia kerja adalah “hutan belantara” yang penuh dengan tanda tanya. Artinya ketika seseorang baru memasuki dunia kerja, disitu akan menghadapi berbagai macam kasus baik secara teknis maupun non-teknis yang sama sekali tidak pernah ada di bangku sekolah. Nah… pengetahuan seperti itulah yang harus kita berikan kepada siswa.

Dengan kita memanfaatkan ICT (internet), kita bisa mengetahui skill apa yang saat ini dan beberapa tahun kedepan dibutuhkan, apa yang bisa kita jual saat ini, jasa apa yang bisa kita tawarkan saat ini, dan berbagai macam kesempatan yang lain. Sehingga istilah pengangguran sedikit demi sedikit akan mulai terkikis.

Setelah kita mendapatkan informasi-indformasi diatas, kita tingkatkan skill dan pengetahuan melalui ICT juga. Kita dapatkan informasi sebanyak-banyaknya dengan memanfaatkan ICT. Artinya “Siapa yang menguasai informasi, maka dia yang menguasai dunia ini”. Untuk menguasai informasi kita bisa memanfaatkan ICT.

Sudah sangat jelas sekali korelasi ICT dengan dunia kerja abad 21. Bahwa kita, khususnya saya pribadi harus selalu update informasi, update kemampuan, update keahlian, dan update segala sesuatu secara berkesinambungan dengan memanfaatkan ICT untuk dapat bersaing di abad 21 ini.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi saya pribadi dan untuk siapapun yang mendapatkan informasi ini.

Semangat…!!!!

Kategori:Ceritaku
  1. Mr Takur
    22 Januari 2008 pukul 7:19 am

    ok, it’s good idea
    moga2 pelatiha jardiknas dapat menjadi modal awal,
    tuk peningkatan SDM bangsa indonesia

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: