Beranda > Ceritaku > Pelatihan Jardiknas di ICT Malang

Pelatihan Jardiknas di ICT Malang

Hari ini Senin (14/01) saya mendapat tugas dari sekolah untuk mengikuti pelatihan Jardiknas yang diselenggarakan di ICT Center Kota Malang. Acara sendiri diselenggarakan selama 6 hari mulai dari hari Senin 14 Januari 2008 sampai dengan Sabtu 19 Januari 2008. Setiap hari pelatihan dimulai sejak pukul 07.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

Jejaring Pendidikan Nasional (Jardiknas) adalah program pengembangan infrastruktur jaringan online skala nasional (National Wide Area Network) yang dibangun oleh Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS) Pemerintah Republik Indonesia untuk menghubungkan antar institusi dan komunitas pendidikan se-Indonesia. Jardiknas merupakan salah satu program strategis pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi  untuk dunia Pendidikan di Indonesia. Melalui infrastruktur jaringan online (Jardiknas) diharapkan dapat mempercepat pengembangan integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada program pemerintah sektor pendidikan untuk kemajuan Pendidikan Indonesia saat ini dan di masa depan. (http://jardiknas.diknas.go.id/cont/profil/sekilas.php)

Menurut Pak Syamsul Arifin, pada materi pengenalan, jardiknas dibagi menjadi 4 Zona. Zona Kantor Diknas  yang meliputi kantor-kantor diknas disemua level. Yang kedua Zona Perguruan Tinggi, yang meliputi seluruh perguruan tinggi di indonesia. Yang berikutnya Zona Sekolah, yang meliputi seluruh lembaga pendidikan baik formal maupun non formal di seluruh indonesia. Dan yang terakhir Zona Personal, yang meliputi akses personal untuk Guru, Dosen, Karyawan, Siswa dan Mahasiswa di institusi pendidikan se-Indonesia.

Nah.., pelatihan kali ini yang diperuntukkan untuk Zona Sekolah khususnya bagi para Guru. Ada sekitar 50 guru yang diundang pada angkatan pertama ini, baik guru swasta maupun negeri. Saya sendiri termasuk yang paling muda di antara temen2 yang lain.

Di hari pertama ini, banyak sekali manfaat yang saya dapatkan mulai dari latar belakang jardiknas sampai dengan pengenalan dasar-dasar komputer. Meskipun sudah mengenal beberapa istilah komputer, namun saya juga mendapatkan banyak informasi-informasi baru baik dari trainer maupun dari peserta yang lain.

Saya juga bisa membantu beberapa teman guru yang lain. Paling tidak saya bermanfaat buat orang lain (amin). Salah satu teman guru, yang saya anggap senior yaitu Pak Manto dari SMU Kertanegara. Beliau merupakan pengajar olahraga, yang haus akan ilmu. Beliau ada kemauan yang kuat untuk belajar hal-hal baru, khususnya Teknologi Informasi. Saya begitu senang bertukar ilmu dengan beliau.  Sehari penuh tidak terasa untuk proses pembelajaran yang interaktif.

Sampai dengan tulisan ini saya posting, pelatihan masih belum selesai. Saat ini Pak Taufiq (trainer) memberikan materi jaringan komputer ( Guru jarkom di kasih materi jarkom, hehehe… tambah ilmu euy…).

Semoga pelatihan ini bermanfaat, baik un tuk saya pribadi, untuk temen2 yang lain maupun untuk yang baca posting ini.

Terimakasih semangat!!!

Kategori:Ceritaku
  1. Santy
    15 Januari 2008 pukul 12:30 am

    Keep spirit!!! sapa tau ntar kamu diminta menjadi instruktur disana hehehe, Amin

  2. 15 Januari 2008 pukul 12:45 am

    ko’ nek mulih nggowo jajan yo….

  3. 15 Januari 2008 pukul 12:48 am

    terima kasih mbak san, saya juga masih belajar….
    buat masboim, ga da comment yg lain nih…!!!??

  4. Lilis Indrawati
    22 Januari 2008 pukul 1:47 am

    Sangat informatif, Anda produktif menulis, sumber inspirasi bagi orang lain, khususnya saya yang membutuhkannya.
    Terus menulis, karena orang bisa berjuang lewat tulisan, dan orang bisa beramal lewat tulisan
    Salam sayang..

  5. Mr Takur
    22 Januari 2008 pukul 8:03 am

    ajai.ajai.. tumbar miri jahe nech

    tuh udah dapat salam sayang

    he.he..he

    ajai..ajai..

  6. 25 Januari 2008 pukul 4:11 am

    Sukses selalu. Tulisan Anda sangat jelas, jadi gampang dipahami. Thanks atas sharingnya

  7. 29 Januari 2008 pukul 4:14 am

    sayang ya ditempat aku belum ada

    cobain nih situs gua
    http://www.readmail-earnmoney.cq.bz

  8. yoyok
    1 Februari 2008 pukul 2:42 am

    untuk tugas portofolio angkatan I, katanya terdapat beberapa kriteria/aturan yang berbeda dengan yang disampaikan pada hari terakhir dulu. perubahannya apa? tolong beritahu saya.. trims

  9. 1 Februari 2008 pukul 6:05 am

    Maaf Pak yoyok sampai saat ini saya juga belum mendapat informasi mengenai perubahan tersebut. Mungkin coba kita teruskan di milis ICT Malang, mungkin temen2 yang lain ada yang tahu.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

