Beranda > Ceritaku > Skill Olympic East Java XVII

Skill Olympic East Java XVII

Hari Minggu (25/11) kemaren, kita ikut Lomba Kompetensi Siswa se-Jawa Timur yang ke-XVII di Jember. Untuk bidang lomba TI (PC Network Support dan Web Design) diselenggarakan di SMKN 1 Jember.

Sekitar Pkl. 15.00 lebih kita berada di lokasi. Sambutan awal cukup ramah dan menyenangkan. Sudah tampak kesiapan panitia lokal. Kita diantar ke ruang registrsi. Tidak mau terulang kejadian tahun lalu di Tulungagung, kita dianggap belum daftar. So kita putuskan untuk registrasi sehari sebelum lomba. Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar.

Sore itu, kita habiskan waktu untuk survey lokasi-lokasi yang akan kita tuju sesuai dengan jadwal. Setelah semua lokasi kita ketahui posisinya, langsung menuju penginapan Jl. Bangka No.23.

Malam hari, kita makan di Depot Jawa Timur. Depotnya sih jawa timur, tapi harganya Jakarta boo.., bikin kantong kempes… Tapi gak masalah yang penting happy. Setelah kenyang dengan masakan khas jawa timur, kita langsung balik ke penginapan and prepare buat acara senin (Pembukaan + Tes Teori)

Senin (26/11) pkl. 8.00 kita meluncur ke lokasi upacara pembukaan di GOR Kaliwates. Tapi sebelumnya kita sarapan dulu di Jl. Jawa (sekitar-an UNEJ). Acara di GOR sendiri dimeriahkan dengan berbagai atraksi kebudayaan, fashion show, dll. Kita tidak mengikuti acara pembukaan sampai tuntas. Karena situasi di dalam GOR sangat panas. So kita putuskan untuk kembali ke penginapan dan istirahat sejenak, agar waktu pelaksanaan Tes Teori nanti semuanya lancar.
Upacara Pembukaan

Pkl. 15.00 Tes Teori dimulai, Ervan (PC Network Support) berada di Ruang TKJ dan Bayu (Web Design) di Lab. Setelah menunggu cukup lama, saya coba untuk observasi lingkungan, sambil hunting🙂. Semuanya berjalan dengan lancar tes teori sesuai dengan prediksi sebelum lomba. Untuk soal Teori Web Design dapat di donload di sini Soal Teori LKS 2007

Hari Selasa (27/11) adalah Puncak dari Lomba ini. Yups… ini adalah waktunya siswa diuji secara skill mulai dari jam 7.30 sampai dengan pkl.16.00.Semua peserta sudah memasuki lokasi masing-masing, termasuk Ervan dan Bayu. Kita para pembimbing hanya bisa menyaksikan dari luar dengan garis batas penonton sekitar 1 meter dari jendela.
Bayu Serius Lomba

Setelah lama boring nunggu sendiri, alhamdulillah ada yang nemenin juga. Siapa yach… !?? Siang itu Gesti (angk.12) datang untuk mensupport adek2 nya yang ikut lomba. Maklum dia juga alumni LKS 2 tahun sebelumnya. Setelah ngobrol ngalor ngidul sama Gesti, saya kembali menunggu si Ervan dan Bayu yang sedang serius Lomba.

Ada sedikit keteledoran dari panitia, yups… peserta yang berlomba mulai pagi hingga petang tidak mendapat makan. Sontak saja semua pembimbing yang ada marah-marah. Akhirnya panitia memberi makan peserta dengan seadanya (menu : bakso/rawon). Satu kesalahan fatal yang mencoreng panitia.

Sampai dengan malam hari semua ujian hari ini telah rampung dilalui. Ervan dan Bayu selesai dengan baik. Semua sudah berjalan sesuai instruksi.

Di hari ke-4, Rabu (28/11) para peserta melalui ujian terakhir, yaitu presentasi hasil project yang dikerjakan sehari sebelumnya. Semua berjalan tanpa halangan yang berarti. Kita tinggal menunggu pengumuman ketika upacara penutupan.
Ivan Presentasi

3 Jam sebelum acara penutupan, kita refreshing ke Masjid Agung Jember. Ya sambil nunggu waktu penutupan kita istirahat sejenak di Masjid yang terletak di sekitaran Alun-alun jember ini. Masalahnya sih, sebenernya karena kita sudah sign out dari penginapan, so gak punya tempat istirahat.

Tepat Pkl. 15.00 kita sudah sampai dilokasi penutupan (Aula Diknas Jember) dengan perasaan tegang, kita lalui acara demi acara, sampai pada akhirnya pembacaan juara Lomba Kompetensi SIswa se-Jawa Timur. Alhamdulillah walaupun tidak sesuai target (Juara 1 dua bidang lomba) kita masih mempertahankan Juara 1 Web Design. Bayu Satria Setiadi berhak atas Piagam, Piala dan uang pembinaan atas prestasinya. Dan insya allah akan mewakili Jawa Timur untuk lomba yang serupa pada level Nasional.
The Champion

Semoga ini menjadi awal yang baik untuk kita semua… Amin… Mohon Doa dan support nya agar kita bisa melanjutkan ke level selanjutnya…

Kategori:Ceritaku
  1. 3 Desember 2007 pukul 9:40 am

    Selamat..selamat…. teruskan perjuanganmu ayah! Bimbinglah putra-putrimu…menuju kesuksesan!!!

    Xixixixixixixixixixi….. ;))

  2. 3 Desember 2007 pukul 9:59 am

    Ah jangan berlebihan gitu dong…. aq kan hanya salah satu pelaku yang kebetulan aja ngantar mereka kesana… sebenernya masih banyak orang-orang yang yang berperan dalam kesuksesan ini… Tapi insya allah, aku tetep berusah memberikan yang terbaik….

  3. 5 Desember 2007 pukul 7:03 am

    IGOS ???

    Sekolah tempat menuntut ilmu. Tapi kini sekolah juga mengajarkan kita ilmu untuk menjadi penjahat. Ngga percaya? Jangan jauh-jauh deh, terutama di bidang IT. Yupz, pemakaian warez alias software bajakan!

    Bagi nak SMP-SMA (malah mungkin SD) yang punya lab komputer pasti ada software Adobe Photoshop-nya kan? Paling ngga versi 7. Terus juga segudang software lainnya. Entah kita tahu atau ngga’, tapi sangat mungkin software yang kita pakai adalah bajakan. Nah, lho. Padahal katanya kita mau go open source lewat program IGOS buat memerangi software bajakan, tapi di sekolahnya aja udah pake software bajakan?! Ngga munafik, tuh?

    Entah apa males mikir atau menganggap software gratisan tuh rendah mutunya, saya ngga (mau) tau, tapi kalau sudah gini kan parah. Kita selama ini berarti dididik buat mendukung kejahatan! Sadar dong! Kita ini butuh pendidik, bukan sekadar guru! Yang tuanya udah gitu, apa lagi kita2 yang masih hijau?!

    Udah deh, kalau sekolah emang ngga mampu beli software asli yang harganya selangit, kenapa ngga pake yang gratis aja (atau yang asli tapi murah)?! Toh banyak juga yang bagus (meskipun mungkin ngga sesempurna software komersial). OpenOffice, misalnya, bisa menggantikan MS Word. GIMP dan Pixia bisa menggantikan Photoshop. Dan lain-lain.

    Bukan, bukan saya meminta Anda-Anda untuk bermental gratisan, tapi toh daripada uang terbuang percuma, iya, ngga? Lagian kalau nanti muridnya beneran jadi pembajak, apa ngga bakal jadi dosa turunan, tuh, karena mengajarkan hal yang salah!? Ayo, pake open source dari sekarang!

  4. 7 Desember 2007 pukul 4:04 am

    Ehm… iya sich…. sebagian besar masyarakat pendidikan kita masih menggunakan software bajakan, 95% bener. Tapi masalahnya klo sekolah aja buat beli bangku berat, buat ganti genteng yang pecah susah, papan tulis udah burek gak da gantinya, masak murid nya gak boleh pintar !!

    Artinya… kita gak perlu nunggu hujan uang turun dari langit, terus baru belajar. Untuk memberikan bekal ke siswa gak harus nunggu software legal dari pemerintah (ya klo datang…) Semampang masih “bisa didapat” kenapa tidak.

    Toh klo kita ambil positif nya, siswa bisa dapet ilmunya. Dan guru tidak pernah secara langsung ngajarin murid untuk bajak.

    Klo misal mo pake yang open source ok juga sich… tapi masalahnya di pasaran yang dipake kan bukan open source. Banyak perusahaan yang masih pake software2 close source. So kita juga harus ngajari siswa yang sesuai d industri..

    Tp aku tetep dukung penggunaan open source… (Biar Microsoft bangkrut, heheheh peace….!)

  5. AGUS Suryanto
    15 Desember 2007 pukul 5:32 am

    Selamat yo bayu telah menjadi juara I di lks dalam bidang IT WEB disegn meskipun saya adalah saingan bayu dalam lomba itu saya ikut bangga dengan prestasi yang telah saya peroleh

    selamat meneruskan ke lomba tingkat nasional yooo
    tolong bawa nama baik jawatimur dalam kanca nasional

    AGUS peserta LKS Dari SMK N 1 Psuruan

  6. 16 Desember 2007 pukul 5:20 am

    Salam kenal agus…
    terima kasih supportnya…. mohon doa dan restunya….
    insya allah kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik

    Buat Agus selamat berkompetisi di kesempatan yang lain. Kompetisi tidak hanya dalam bentuk lomba, kedepan pasti akan menghadapi kompetisi2 hidup yang lebih ketat…

    Semoga sukses….!!!

  7. 18 Januari 2008 pukul 3:27 am

    Selamat Buat Pemenang… Bayu yah… Terus yang bidang IT PC AND NETWORK SUPPORTnya gimana…? Aku juga mohon DO”Anya ya… semoga daku menjadi juara di LKS JATENG bidang NETWORK SUPPORT…. Kebetulan saya insya allah akan mewakili Kabupaten Banjarnegara.
    “WELCOME WINNING THE GLOBAL COMPETITION”…. Junjung tinggi SPORTIFITAS… FAIR PLAY …………… Salam dari Anak SMKN 2 BAWANG, BANJARNEGARA

  8. denias
    18 Januari 2008 pukul 3:44 am

    Saya mau minta soal-soal yang NETWORK SUPPORT ada gak ya….? Buat perbandingan sekaligus pembelajaran. Kalo ada tolong daku segera diberitahu…..^_^! …. Mohon Bantuannya ya….?

  9. denias
    18 Januari 2008 pukul 3:58 am

    Selamat Buat Pemenang web design, Bayu yah…. Ngomong2 lomba ini untuk LKS Nasional 2008 kan..? kok JATIM sudah mengadakan LKS tingkat propinsi, padahal saya saja masih seleksi tingkat kabupaten.
    Saya juga mohon do’anya semoga saya dapat menjuarai LKS tingkat JATENG bidang IT PC AND NETWORK SUPPORT…. ^_^! Akhir Kata… SEMOGA BERTEMU DI MAKASSAR dalam pagelaran lomba LKS 2008 TINGKAT NASIONAL……Amiiin.. & tetap junjung tinggi SPORTIFITAS.
    ..::WELCOME TO THE WINNING GLOBAL COMPETITION::..

  10. 18 Januari 2008 pukul 12:13 pm

    Buat Didit, terimakasih. Untuk Network Support yang mewakili Jawa Timur dari SMK Negeri 1 Purwosari. Untuk menjawab request Denias, mengenai soal bidang IT PC AND NETWORK SUPPORT kita tidak sempat mendapatkan ketika lomba kemarin, tapi coba soal yang tahun lalu saja.

  11. makrus
    22 Maret 2008 pukul 4:55 am

    yups

  12. fancy smk1 malang
    28 April 2008 pukul 8:01 am

    hai,aku fancy anak malang turut mendukung jawa timur.skalian numpang nitip doa cz aku jg mw berangkat ke makasar bwt ikt LKS nasional jurusan panjualan.tolong doanya ya…….

    salam kenal fancy, kita sama-sama berjuang untuk membawa jawa timur menjadi juara umum pada LKS tingkat nasional bulan juni depan. kalo mo kontak silahkan klik aja link ym yang ada di sidebar sebelah kanan

  13. 1 Mei 2008 pukul 11:59 am

    assalamualaikum…

    hy nm q jawal..salam knl ya???

    bls d blog q ya..

  14. guz
    10 Mei 2008 pukul 10:49 am

    Assalamualaikum
    hai aq Guz dari SMK N 2 Padang…
    Salam kenal ya??
    aq ucapin selamat buat pemenang LKS untuk tingkat Nasional ke Makassar
    oya gimana apa kalian semuanya ngalamin hal nervous ngak ??
    please give me advice !
    coz I have problem with my nervous
    thanks you
    Wassalam

    deje : Waalaikumsallam…
    nerveous… pasti ada lah… memang dalam lomba ada 3 hal yang penting : skill, fisik, mental dan itu diluar dari keberuntungan…

  15. 10 Juni 2008 pukul 11:12 am

    Kunjungan blog dari generasi SMKN 1 Purwosari…. Bravo terus IT Indonesia

    deje : terimakasih kunjungannya bro… salam kenal…

  16. Shofi
    27 Agustus 2008 pukul 12:59 am

    Hi..w sh0fi..lam knal wat muanya aja..n lam jg wat tmn2 lks bdng lmba restaurant service..i miss u guys…kpn y qt bza kmpl2 ge?!

  17. jekmania
    1 Desember 2008 pukul 7:40 am

    boooooooooooooom………………………………………..!

  18. ayusa
    22 Desember 2008 pukul 8:47 am

    blog walking dari alumni SMK Purwosari… (ikutan mas alfan). salam kenal

  19. amirushufi
    14 Februari 2009 pukul 9:54 am

    mz,..
    da contoh soal teori yang Network Support g,???
    kL ada Q dunLut ya,…
    tHank’s BefoRe!!

  20. amirushufi
    16 Februari 2009 pukul 7:13 am

    Mas, kL soal LKS bidang Network Support da ga??

    deje : https://deje.wordpress.com/2009/02/18/lks-2009-kota-malang/

  21. Vidia
    1 Desember 2009 pukul 6:14 am

    Kog gag ditampilin perLomba aja ya…….???
    Ehm………Mau dunk kisi kisi Soal nya………..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: