Beranda > Tausiyah > Terbangun Dengan Garis Tikar Membekas

Terbangun Dengan Garis Tikar Membekas

Abdullah bin Mas’ud masuk kerumah Rasulullah. Sebuah ruangan yang lebih layak disebut bilik kecil di sisi Masjid Nabawi. Terlihat olehnya Rasulullah sedang lelap dalam tidurnya. Dalam ruangan yang sangat sederhana itu, Rasulullah tidur begitu saja. Hanya beralaskan tikar kasar. Tidak ada kasur, ataupun tumpukan bantal yang nyaman dan menengkan.

Tak lama pun Rasul terbangun. Nampak di pipinya garis-garis tikar membekas sangat jelas. Seorang Rasul mulia, manusia pilihan, pemimpin agama, pemimpin negara, yang dijamin syurga oleh Allah, tidur hanya dengan tikar kasar.

Melihat kondisi Rasulullah yang seperti itu, Abdullah bin Mas’ud sangat terharu. Hingga akhirnya ia tak kuasa membendung air matanya. Abdullah bin Mas’ud menangis. Segera ia menghampiri Rasulullah, lalu menghapus debu yang menmpel di pipinya yang mulia.

Melihat Abdullah bin Mas’ud menangis, Rasulullah bertanya “Wahai Abdullah, apa yang engkau tangisi?” Abdullah bin Mas’ud m enjawab, “Ya Rasulullah, aku teringat kemewahan para kaisar Persia dan Romawi. Mereka tidur diatas hamparan sutra yang lembut.”  Ya itulah jawaban Abdullah, yang menyebabkan Abdullah bin Mas’ud menangis. Rasul mulia yang membawa agama kebenaran, membawa wahyu dari langit, tidur di ruangan sempit dengan beralasan apa adanya? Sementara itu para pembesar Persia dan Romawi yang kafir dan memusuhi islam, bisa tidur dalam segala kemewahan?

Mendengar jawaban Abdullah bin Mas’ud, Rasulullah pun berusaha menghibur Abdullah. Rasulullah mengatakan, “Tidakkah engkau rela mereka memiliki dunia ini. Sedangkan kita memiliki akhirat? Aku dan dunia ini ibarat seseorang yang berjalan di bawah terik matahari. Kemudian ia berteduh dibawah pohon. Ketika hari sudah teduh kembali, ia pun harus pergi.”

Kategori:Tausiyah
  1. novi
    27 Desember 2007 pukul 12:52 am

    Dik tolong tulisin dong kisah tentang Fatimah Az-Zahra yang kemaren sempet crita itu lho!

  2. 27 Desember 2007 pukul 1:38 am

    ditunggu aja ya…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: