Beranda > Ceritaku > Apa itu Kemoterapi ?

Apa itu Kemoterapi ?

Pertanyaan ini muncul setelah semalam (30/10) menjenguk seorang teman yang menjalani kemoterapi di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang. Sempat tanya ke seorang teman yang juga ikut menjenguk, tapi jawabannya masih global banget. Maklum dia juga gak ngerti secara medis.

Rasa empati terhadap seseorang kadang membuat kita ingin tahu sesuatu. Hal ini juga yang membuat deje penasaran dengan terapi yang ternyata untuk mengatasi sel kanker ini. So, gak ada salahnya juga kalo pengetahuan yang sangat gak biasa muncul di catatan-catatan deje sebelumnya, nongol di blog ini.

Kemoterapi (ing. chemotherapy) menurut wikipedia adalah penggunaan zat kimia untuk perawatan penyakit, khususnya kanker. Pengobatan yang sudah digunakan sejak tahun ’50-an ini bekerja dengan cara mengenali dan menghancurkan sel-sel kanker. Dimana semua jenis kanker umunya terdiri atas sel-sel yang membelah dengan cepat dan tumbuh tak terkontrol.

Dengan kemoterapi sel-sel kanker yang semakin cepat tumbuh akan dibasmi sampai ke akar-akarnya, bahkan sampai ke daerah yang sulit dijangkau oleh pisau bedah. Minimal mengontrol sel-sel kanker agar tidak semakin meluas.

Bentuk Kemoterapi

Ada beberapa bentuk pengobatan kemoterapi

  • Dalam bentuk tablet atau kapsul yang harus diminum beberapa kali sehari. Keuntungan kemoterapi oral semacam ini adalah: bisa dilakukan di rumah.
  • Dalam bentuk suntikan atau injeksi. Bisa dilakukan di ruang praktek dokter, rumah sakit, klinik, bahkan di rumah.
  • Dalam bentuk infus. Dilakukan di rumah sakit, klinik, atau di rumah (oleh paramedis yang terlatih)

Efek Samping

Namun, pengobatan ini memiliki efek samping yang beragam. Efek yang ditimbulkan sangat bergantung terhadap jenis obat, kondisi fisik dan psikis dari pasien. Efek samping kemoterapi timbul karena obat-obat kemoterapi sangat kuat, dan tidak hanya membunuh sel-sel kanker, tetapi juga menyerang sel-sel sehat, terutama sel-sel yang membelah dengan cepat.

  • rambut (rontok)
  • sumsum tulang (berkurangnya hemoglobin, trombosit, dan sel darah putih, membuat tubuh lemah, merasa lelah, sesak nafas, mudah mengalami perdarahan, dan mudah terinfeksi)
  • kulit (membiru/menghitam, kering, serta gatal), mulut dan tenggorokan (sariawan, terasa kering, dan sulit menelan)
  • saluran pencernaan (mual, muntah, nyeri pada perut)
  • produksi hormon (menurunkan nafsu seks dan kesuburan)

Namun ternyata ada suplemen khusus yang diberikan dokter untuk mengurangi efek dari pengobatan ini. Efek samping ini bersifat sementara, artinya jika proses pengobatan kemoterapi sudah selesai, maka kondisi tubuh akan kembali normal.

Ya, itulah sedikit informasi tentang kemoterapi yang deje dapatkan dari berbagai sumber, semoga bermanfaat. Paling tidak bisa menjadi renungan bagi kita semua, bahwa nikmat kesehatan yang diberikan Allah SWT kepada kita hambanya sangat luar biasa.

Bagaimana tidak, untuk satu kali kemoterapi biaya yang dikeluarkan untuk pembelian obat sekitar 3 s/d 4 juta rupiah. Padahal untuk proses pengobatan kanker bisa sampai 8 kali atau bahkan lebih. Jadi, untuk pengobatan kemoterapi sampai selesai bisa mencapai angka puluhan juta.

Deje juga pernah dapat informasi bahwa harga alat pernafasan untuk penderita asma sekitar 52 ribu rupiah untuk 3 menit. Jika usia kita sekarang 20 tahun, kita asumsikan satu hari 1440 menit lalu kalikan 365 hari dalam satu tahun, hasilnya kita kalikan 20 tahun akan muncul angka 10512000 menit. Jadi kita sudah menghirup udara ini dengan bebas tanpa bayar selama 10 juta menit lebih. Misalkan mau kita uangkan, tinggal kita bagi 3 menit dan kalikan 52 ribu hasilnya 182 Milyar lebih !!

Pernahkah kita berpikir untuk mengganti semua itu kepada ALLAH SWT !?? Maka, apakah kamu tidak berfikir ? Fa bi ayyi alaa irobbikuma tukadzibaan…

Kategori:Ceritaku
  1. CHa_cO
    29 April 2009 pukul 7:46 am

    waHH sangad membantu

  2. 4 Desember 2009 pukul 7:32 am

    nice info gan
    membuat kt semakin bersyukur atas nikmat-Nya

  3. 4 Desember 2009 pukul 9:26 am

    alhamdulillah .. aku sehat” saja ..

  4. Sam
    4 Februari 2010 pukul 5:10 am

    boleh ya saya ngeling kesini, soale artikelnya ok

  5. riyant_gnd
    6 Juli 2010 pukul 1:45 pm

    waduh, mahal juga biaya’a ya. Huh.
    Pdahal besok mau kemoterapi.

    Makasih info’a gan

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: